Review Buku Filosofi Pendidikan Anak
Judul Buku: Filosofi Pendidikan Anak
Penulis: Fahruddin Faiz
Penerbit: MJS Press
Jumlah Halaman: 127 halaman
Tahun Publikasi: 2023
Filosofi Pendidikan Anak membahas filosofi pendidikan anak yang ditawarkan oleh empat tokoh pendidikan. Keempat tokoh ini memiliki konsep yang khas tentang pendidikan anak, dengan fokus pada perkembangan dan pengembangan diri anak sesuai dengan minat, dan bakatnya. Berikut adalah ringkasan dari empat tokoh yang dibahas dalam buku ini:
- Maria Montessori
Montessori menekankan pentingnya kemandirian anak dan pengembangan individu. Metode Montessori berfokus pada pengalaman langsung dan eksplorasi- Rabindranath Tagore
Tagore membagi pendidikan menjadi dua basis: naturalisme (berguru pada alam) dan idealisme (berpusat pada guru)- Abdullah Nashih 'Ulwan
Berfokus pada pendidikan karakter dan moral berdasarkan ajaran Islam- Ki Hadjar Dewantara
Memandang pendidikan sebagai cara untuk membentuk karakter anak dan mengintegrasikan aspek cipta, rasa, dan karsaFilosofi pendidikan keempat tokoh memiliki persamaan dalam hal penghargaan terhadap potensi anak, aktivitas belajar yang melibatkan anak secara langsung, lingkungan belajar yang kondusif, serta pendidikan berbasis pengalaman nyata.
Buku ini merupakan hasil olahan rekaman dari sesi Ngaji Filsafat dan memberikan wawasan yang mendalam tentang beragam pandangan tentang pendidikan anak. Jika kamu belum bisa membaca buku ini kamu bisa mendengarkan rekaman ngajinya dengan mencari ‘Ngaji Filsafat 392 - 395’.
Meskipun hanya dibahas di permukaan, tapi ringkasan filosofi dari beberapa tokoh pendidikan ini bisa menjadi pemantik para pembaca mempelajari filosofi pendidikan dari masing-masing tokoh melalui referensi buku pada halaman akhir.
0 comments