Saksi Mata: Kumpulan Cerpen yang Menyuarakan Kebenaran dan Keadilan — Normal People ID

Saksi Mata: Kumpulan Cerpen yang Menyuarakan Kebenaran dan Keadilan


Judul Buku: Saksi Mata
Penulis: Seno Gumira Ajidarma
Penerbit: Bentang Pustaka
Jumlah Halaman: 166 halaman
Tahun Publikasi: 1994
Harga Buku: Rp 58.650 beli disini


Buku Saksi Mata adalah kumpulan cerpen yang diterbitkan pada tahun 1994 oleh Penerbit Bentang. Berjumlah 16 cerpen yang kesemuanya berlatar di Timor Timur saat masih menjadi bagian dari Indonesia. Semua cerpennya mengangkat tema kemanusiaan, perlawanan, peperangan, dan kebenaran (yang ditutupi).


Buku ini terinspirasi oleh Pembantaian Santa Cruz yang terjadi pada tahun 12 November 1991, di mana militer Indonesia menembaki para demonstran yang menuntut kemerdekaan Timor Timur. Seno Gumira Ajidarma sendiri pernah meliput insiden tersebut sebagai wartawan, tetapi berita-beritanya dibungkam oleh rezim Orde Baru. Oleh karena itu, ia memilih untuk menulis cerpen sebagai bentuk protes dan kesaksian atas kejadian yang nyata. Buku ini adalah seri pertama dari Trilogi Insiden disusul dengan buku Series Jazz, Parfum, dan Insiden dan Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara.


Dengan tema utamanya yang mengangkat isu kemanusiaan, cerpen-cerpen pada buku ini memberikan perpektif lain tentang peristiwa di Timor Timur. Bagaimana secara sadar militer pada era orde baru mengopresi warga sipil.


Gaya bahasa pada cerpen-cerpen di buku ini khas SGA yang absurd, satir, dan gamblang disaat bersamaan. Karena isinya cukup brutal, ku sarankan kamu sudah berumur 21+ ya saat baca kumpulan cerpen ini. Dan jika kamu berminat dengan buku ini, buku ini telah di republish oleh penerbit Pabrik Tulisan tapi secara isi teuap sama. Selamat berburu dan membaca!


0 comments