Nyala - Debut Alnurul Gheulia Sebagai Penulis — Normal People ID

Nyala - Debut Alnurul Gheulia Sebagai Penulis

Review buku Nyala karya Alnurul Gheulia


Judul : Nyala
Penulis: Alnurul Gheulia
Ilustrasi: Ibrahim M. Ashidique
Penerbit: Folxtale | @folxtale
Tahun Publikasi: 2023
Rekomendasi usia: > tahun

Buat yang hobi koleksi buku anak pasti sudah gak asing dengan nama @alnurulg. Kalo di buku-buku sebelumnya beliau berkontribusi sebagai ilustrator, pada buku Nyala beliau berperan sebagai penulisnya, editor dan designernya. Lengkap banget ya!


Buku Nyala bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Nyala yang harus tidur tanpa Abah, sang kakek. Nyala merasa kesepian karena biasanya Kakek selalu membacakan cerita kepada Nyala. Kakek bercerita tentang bintang harapan yang hanya akan terlihat dengan mata tertutup. Nyala pun mencoba menutup mata, dan disinilah petualangan Nyala dimulai.



Pada awal buku ilustrasi dominan menunjukkan warna biru mengikuti suasana hari Nyala yang sedih, dan kesepian. Pada bagian tengah cerita berubah menjadi jingga sebagai perwujudan simbol petualangan dan kepercayaan diri Nyala yang mulai muncul. Dan diakhiri warna biru yang cerah.



Baca buku ini jadi sadar, cahaya terbesar tidak selalu datang dari luar tetapi dari dalam diri kita sendiri. Ketika kita membiarkan kebaikan, kasih sayang, dan kebijaksanaan bersinar dari hati, kita bukan hanya menerangi kegelapan di sekitar kita, tetapi juga menjadi cahaya yang membimbing orang lain dalam perjalanan kehidupan mereka. Pesan yang universal banget kan buat anak-anak maupun orang dewasa?

0 comments