Sekolah Tanpa Jurusan - Melihat Sekolah SALAM dari Fasilitator — Normal People ID

Sekolah Tanpa Jurusan - Melihat Sekolah SALAM dari Fasilitator

Review Buku Sekolah Tanpa Jurusan

Judul Buku: Sekolah Tanpa Jurusan
Penulis: Gernatatiti
Penerbit: Buku Mojok
Jumlah Halaman: 170 halaman
Tahun Publikasi: 2022
Harga: Rp 62,400 beli disini
Sekolah Tanpa Jurusan berisi kumpulan catatan harian Gernatatiti seorang fasilitator sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM) untuk jenjang setara SMA. Catatan ini berisi tentang pengalaman dan proses belajar di SMA SALAM, yang tidak memiliki jurusan atau mata pelajaran tetap, melainkan mengikuti minat dan ketertarikan masing-masing siswa. Buku ini bercerita tentang bagaimana para siswa di SMA SALAM melakukan riset sendiri, berdiskusi, berkolaborasi, dan bereksplorasi dalam berbagai bidang ilmu dan kegiatan. Buku ini juga menggugat sistem pendidikan formal yang seringkali mengabaikan potensi dan keunikan setiap anak.

Ada kata pengantar oleh Roem Topatimasang (seorang akademisi dan aktivis pendidikan) yang sangat menggugah buat para pendidik dan fasilitator. Sindiran terkait kurikulum merdeka sangat-sangat menohok, yang mungkin juga dirasakan oleh guru-guru sekolah. Jadi penasaran baca karya beliau

Aku suka gaya penulis yang jujur, lugas, dan inspiratif. Dan tentunya Sekolah Tanpa Jurusan juga memberikan wawasan dan alternatif tentang pendidikan yang lebih demokratis, kreatif, dan humanis yang sayangnya sekolah semacam ini tidak banyak hadir di kota-kota di Indonesia.

Kalo kamu seorang orang tua yang butuh insight terkait pendidikan alternatif, buku ini bisa jadi salah satu rujukan atau kamu seorang guru?, mungkin kamu bisa mencontoh cara penulis memperlakukan para anak didik.


0 comments