Review Buku 1970 - Penculikan Oleh Pemerintah Rezim Brazil — Normal People ID

Review Buku 1970 - Penculikan Oleh Pemerintah Rezim Brazil

Review Buku 1970 - Penculikan Oleh Pemerintah Rezim Brazil


Judul Buku: 1970
Penulis: Henrique Schneider
Alih Bahasa: Gladhys Elliona
Penerbit: Marjin Kiri
ISBN: 9786020788449 
Jumlah Halaman: 144 halaman
Tahun Publikasi: 2023
Harga: Rp 69.000 bisa dibeli disini


Bercerita tentang Raul yang diculik dan disiksa oleh aparat rezim Brazil selama 9 hari pada saat piala dunia 1970. Raul diduga melakukan tindakan subversif, padahal Raul cuma pegawai bank biasa. Apa ya yang dilakukan Raul sampai dia diculik?, benarkan Raul bersalah? Atau sebaliknya.


Bisa dibilang sebagian novel ini berisi adegan kekerasan, baca ini rasanya ngilu, sedih dan marah. Adegan kekerasan dijelaskan cukup deskriptif, jadi aku yakin ini bakal bikin beberapa pembaca kurang nyaman. Selain itu ada POV dari Ibu Raul, dijelaskan bagaimana perasaan Ibu Raul saat anak semata wayangnya hilang. Bingung, sedih, dan kerasa banget nestapanya.


Seperti terjemahan buku Marjin Kiri yang lain, terjemahan buku ini nyaman banget buat dibaca, gak kerasa sama sekali. Ada beberapa catatan dari penerjemah untuk menjelaskan istilah yang sekiranya kurang familiar di Indonesia.

Oiya, meskipun tipis sepertinya sulit menyelesaikan novel ini dalam sekali duduk ya, mengingat muatannya yang cukup triggering. Dan meskipun ini buku fiksi kisah Raul ini ternyata banyak real-nya, hehehe. Masih ingat kasus 98 kan?

Secara keseluruhan aku menyarankan buku ini buat kamu yang suka buku-buku historical fiction, dan isu sosial politik. Semoga kamu masih mau baca setelah baca ulasan singkat ini.

0 comments