Matinya Ranjang Nomor 12 - Kumpulan Cerpen Karya Ghassan Kanafani — Normal People ID

Matinya Ranjang Nomor 12 - Kumpulan Cerpen Karya Ghassan Kanafani

Review Buku Matinya Ranjang Nomor 12


Judul Buku: Matinya Ranjang Nomor 12
Penulis: Ghassan Kanafani
Penerbit: Intensif Books
Jumlah Halaman: 161 halaman
Tahun Publikasi: 2023
Harga: Rp 58,000 beli disini


Matinya Ranjang Nomor 12 merupakan kumpulan cerita yang menjadi karya Ghassan Kanafani, seorang aktivis Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina. Beliau dikenal sebagai salah satu penulis terpenting di Timur Tengah melalui puluhan karya-karyanya yang lain. Buku ini berisi 17 cerita pendek, yang kesemuanya berisi kegelisahan awal penulis atas takdir hidupnya sebagai bagian dari bangsa Palestina yang terjajah dan terusir. Kematian menjadi tema yang begitu dominan pada sekumpulan cerita yang beliau tulis, selain tema kegetiran nasib dan garis hidup yang mengerikan.


Bisa dibilang kegetiran di kumpulan cerpen ini konsisten. Dan menariknya, dibalik kegetiran perang dan pengungsian masyarakat digambarkan masih hidup normal selayaknya manusia lain, seperti bertani, naik kereta bahkan jatuh cinta.

Cerita paling membekas tentu saja cerita yang menjadi judul kumpulan cerpen ini. Bercerita tentang pasien yang menempati ranjang no 12 yang bernama Muhammad Ali Akbar, yang hanya ingin orang memanggil namanya secara penuh karena sebuah insiden yang mengakibatkan dia kehilangan orang yang dicintai.


Secara keseluruhan sih cerpen-cerpen di buku ini membuatku merenung tentang hidup dan kematian. Meskipun beberapa cerpen aku kurang paham, tapi selalu ada satu kalimat yang membuatku berhenti sejenak buat merenungi hidupku sendiri.

Jadi, masih mau baca buku karya aktivis Palestina ini kan?

0 comments