Review Buku Gadis Kretek : Industri Kretek Dalam 3 Generasi — Normal People ID

Review Buku Gadis Kretek : Industri Kretek Dalam 3 Generasi

Review Buku Gadis Kretek


Judul Buku: Gadis Kretek
Penulis: Ratih Kumala
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | @fiksigpu
Jumlah Halaman: 288 halaman
Tahun Publikasi: 2012
Harga: Rp 61.000 beli disini

Buku Gadis Kretek karya Ratih Kumala adalah sebuah novel yang mempersembahkan kisah menarik tentang perjalanan industri kretek dalam 3 generasi.

Sinopsis:

Pak Raja sekarat. Dalam menanti ajal, ia memanggil satu nama perempuan yang bukan istrinya; Jeng Yah. Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja, dimakan gundah. Sang Ibu pun terbakar cemburu terlebih karena permintaan terakhir suaminya ingin bertemu Jeng Yah. Maka berpacu dengan malaikat maut, Lebas, Karim, dan Tegar, pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah, sebelum ajal menjemput sang Ayah.

Perjalanan itu bagai napak tilas bisnis dan rahasia keluarga. Lebas, Karim dan Tegar bertemu dengan buruh bathil (pelinting) tua dan menguak asal-usul Kretek Djagad Raja hingga menjadi kretek nomor 1 di Indonesia. Lebih dari itu, ketiganya juga mengetahui kisah cinta ayah mereka dengan Jeng Yah, yang ternyata adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal Kota M yang terkenal pada zamannya.

Apakah Lebas, Karim dan Tegar akhirnya berhasil menemukan Jeng Yah?

Gadis Kretek tidak sekadar bercerita tentang cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Dengan latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri kretek di Indonesia. Kaya akan wangi tembakau. Sarat dengan aroma cinta.

Poin-poin menarik:
  • Eksplorasi identitas perempuan: Jika biasanya perempuan pada masa lampau diceritakan sebagai makhluk lemah dan lembut disini pembaca akan menemui Jeng Yah yang mampu untuk memimpin dan menjalani karir dalam industri kretek. Kretek juga dipandang sebagai barang yang genderless, tidak terikat pada maskulinitas

  • Perubahan sosial dan budaya: Melalui penggambaran era sosial dan budaya di tahun 1940 - 1965 di Kota M. Ratih Kumala menghadirkan latar belakang yang kuat dalam cerita ini. Pembaca dapat melihat bagaimana pengaruh modernisasi dan globalisasi berdampak pada industri kretek yang terus berevolusi, dari kretek klobot sampai kretek dengan kertas papier yang lebih modern

Buku "Gadis Kretek" karya Ratih Kumala adalah sebuah novel yang menarik dan menggugah. Dengan penggambaran yang kuat tentang perubahan jaman, politik dan sosial yang mempengaruhi industri kretek. Buku ini berhasil mengajak pembaca dalam perjalanan emosional yang memikat.

Dengan gaya penulisan yang mengalir dan alur maju-mundur yang rapi, Ratih Kumala mampu menghidupkan dunia karakternya dan membuat pembaca penasaran dengan apa yang terjadi.

0 comments