Mengenal Jajanan Nusantara: Memperkaya Rasa, Budaya, dan Keunikan Indonesia — Normal People ID

Mengenal Jajanan Nusantara: Memperkaya Rasa, Budaya, dan Keunikan Indonesia


Judul : Mengenal Jajanan Nusantara
Penulis: Lilih S Hilaliah
Ilustrasi: Pratya Apriliana
Penerbit: Little Quokka
Tahun Publikasi: 2023
Jumlah Halaman: 180halaman
Harga:
ISBN :
Rekomendasi Usia: >1 Tahun

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam hal kuliner. Jajanan nusantara merupakan bagian tak terpisahkan dari kekayaan kuliner Indonesia. Artikel ini akan membahas pentingnya mengenal jajanan nusantara, memperkenalkan beberapa jajanan nusantara yang terkenal, serta nilai budaya dan keunikan yang terkandung dalam jajanan tersebut.

Mengenal jajanan nusantara memiliki nilai penting dalam memperkaya pengalaman dan pemahaman kita tentang budaya Indonesia. Jajanan nusantara tidak hanya menyajikan kenikmatan rasa, tetapi juga menceritakan sejarah, tradisi, dan identitas bangsa. Memperkenalkan jajanan nusantara kepada generasi muda dapat menjaga warisan budaya kita tetap hidup dan mengapresiasi keanekaragaman kuliner Indonesia. Setiap jajanan nusantara memiliki nilai budaya dan keunikan tersendiri. Makanan ini mencerminkan keragaman etnis, tradisi, dan bahan lokal yang digunakan.
Jajanan pasar merupakan bagian tak terpisahkan dari kekayaan kuliner Indonesia. Little Quokka membawa tema tersebut kedalam buku Mengenal Jajanan Nusantara.
Mengenal Jajanan Nusantara dibuka dengan perkenalan dua saudara Aren dan Kandis. Aren dan Kandis diajak Ibu untuk berbelanja jajanan nusantara. Petualangan pun dimulai, pembaca dikenalkan dengan putu ayu, cuhcur, dan putu mayang. Terdapat juga insight menarik seputar jajanan nusantara seperti warna hijau pada jajanan yang berasal dari daun suji atau tekstur lengket dan kenyal pada kue berasal dari tepung tapioka dan tepung ketan.
Selain mengenal nama-nama Jajanan Nusantara anak juga diajak untuk belajar kosakata baru, nama bentuk jajanan. Terdapat fitur touch and fell serta Lift the flappada buku sehingga anak semakin tertarik untuk bermain bersama buku. Orang tua tak perlu khawatir jika gambar terlalu ‘kartun’ karena ilustrasi pada buku dibuat menyerupai bentuk asli jajanan.

Secara keseluruhan Mengenal Jajanan Nusantara adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi kekayaan budaya Indonesia melalui makanan. Jajanan pasar tak hanya hanya sekadar makanan lezat, tetapi juga cerminan identitas dan keberagaman bangsa kita.

0 comments