Cerita Eyang - Penggambaran Keberagaman Dalam Keluarga — Normal People ID

Cerita Eyang - Penggambaran Keberagaman Dalam Keluarga

Cerita Eyang

Judul Buku: Cerita Eyang
Penulis: Referika Rahmi
Ilustrasi: Rassi Narika
Penerbit: Seumpama Books
Jumlah Halaman: halaman
Tahun Publikasi: 2019
Rekomendasi usia: 7+


Cerita Eyang berkisah tentang seorang gadis kecil dan adiknya yang tinggal dengan Eyang yang berkebutuhan istimewa. Eyang berbeda dengan Eyang lain; dia suka mendengarkan radio, menghitung sendok, dan sangat sayang dengan koleksi daster bunga-bunganya!


Cerita Eyang ditulis menggunakan sudut pandang dari seorang gadis kecil ‘Aku’ yang merupakan cucu dari Eyang. Perbedaan sempat membuat ‘Aku’ bingung bahkan takut. ‘Aku’ pun bertanya mengapa Eyang berbeda. Ayah dan Ibu menjelaskan, membuat ‘Aku’ mencoba memahami kenapa Eyang berbeda.⁣⁣ ‘Aku’ memulai meniru kebiasaan yang biasa Eyang lakukan


⁣⁣Ceritanya sederhana tapi mempunyai pesan yang kuat tentang perbedaan. Ilustrasinya juga menarik layaknya gambar seorang anak kecil.

Hal yang menarik dari buku ini karena mempromosikan inklusi dan acceptance. Anak-anak yang membaca tentang karakter dengan kebutuhan khusus belajar untuk memahami dan menghargai keragaman manusia. Anak-anak pun belajar bahwa setiap individu memiliki keunikan dan nilai yang berharga, terlepas dari kemampuan atau kebutuhan mereka.


Membaca tentang pengalaman orang berkebutuhan khusus dalam buku membantu anak-anak mengembangkan empati dan pengertian terhadap orang lain. Anak-anak belajar tentang tantangan dan perjuangan yang dihadapi oleh individu dengan kebutuhan khusus, dan ini membantu mereka mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perspektif orang lain.


Melalui buku ini anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus dapat melihat karakter mereka sehingga membuat anak ‘related’ dan mengidentifikasi diri. Hal ini dapat meningkatkan rasa kemandirian dan percaya diri anak, karena mereka menyadari bahwa mereka juga dapat mencapai tujuan dan mengatasi rintangan dengan kemampuan dan keunikan mereka sendiri.

Jika parents mencari buku dengan karakter inklusif, buku ini salah satunya!

0 comments