Queer, etc - Mendorong Batas Istilah Queer — Normal People ID

Queer, etc - Mendorong Batas Istilah Queer

Queer

Judul: Queer etc.
Penulis: Abigail A., dkk
Penerbit: EA Books
Jumlah Halaman: 242 halaman
Tahun Publikasi: 2021
Harga: Rp 78.000 beli disini

Sebagai seorang heteroseksual dan berada di lingkungan yang cukup homogen sejak lahir. Buku Queer, etc ini memberikan perspektif baru buat saya. Saya sering melihat pengalaman seseorang yang disebut Queer via sosmed tapi kebanyakan yang saya lihat hanya seputar senggama, yang ujung-ujungnya sih jadi becandaan kaum heteroseksual.

Buku Queer, etc berisi 17 esai dari penulis queer maupun orang yang hidupnya ada di lingkungan para queer. Dalam beberapa tulisan saya memahami, queer juga layaknya manusia biasa.

“Kami juga membaca buku di perpustakaan, mengantre untuk menggunakan transportasi umum, pergi ke tempat suci, sama seperti manusia pada umumnya.”

Melalui buku ini, saya baru paham bahwa queer bukan melulu mengenai isu seksual dan gender. Melainkan juga pada hal-hal tidak normal menurut masyarakat. Queer, etc. mendorong batas istilah queer itu sendiri ke ranah yang lebih luas. Pemaknaan queer tidak terbatas pada antonim normal, tapi juga hal-hal yang dalam ranah personal kita anggap normal, ternyata digolongkan juga sebagai queerness.

"Queer tak hanya soal identitas, tetapi soal bagaimana mengkritisi segala sesuatu yang dianggap normal. Aku juga baru tersadar akhir-akhir ini bahwa standar normal itu sebenarnya wajib untuk dipertanyakan kembali."

Bacalah jika kamu ingin perspektif baru atau sekedar mendengar curhatan para queer. Tak perlu memahami, tak perlu menghakimi cukup dengarkan.

“Memahami diri sendiri saja butuh proses sepanjang hayat, apalagi memahami kelompok lain yang mempunyai pengalaman hidup yang berbeda dengan kita.”

0 comments