Daddy Has A Secret - Mendeskripsikan Skizofrenia kepada Anak — Normal People ID

Daddy Has A Secret - Mendeskripsikan Skizofrenia kepada Anak

Review Buku Daddy Has A Secret


Judul: Daddy Has A Secret

Penulis: Avianti Armand

Illustrator: Nabila Adani

Penerbit: Kesaint Blanc

Jumlah Halaman:  24 halaman

Tahun Publikasi: 2021

Harga: Rp 57.000 beli disini


Skizofrenia merupakan salah satu gangguan kejiwaan. Menurut WHO (2019) Skizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan distorsi dalam berfikir, persepsi, emosi, bahasa, konsep diri dan perilaku. Skizofrenia merupakan salah satu gangguan jiwa berat yang mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku individu.


Skizofrenia adalah bagian dari gangguan psikosis yang terutama ditandai dengan kehilangan pemahaman terhadap realita dan hilangnya kemampuan percaya diri. Skizofrenia terjadi karena terpisah dan terpecahnya antara kognisi, afektif, dan tingkah laku, sehingga kurang adanya antara pikiran dan emosi, atau antara persepsi realita dan apa yang terjadi 


Berdasarkan data dari WHO, ada lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia menderita skizofrenia. Sementara menurut penelitian Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, diperkirakan ada 450.000 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat di Indonesia, termasuk skizofrenia.


Berbicara tentang gangguan kejiwaan berarti kita dapat berbicara jujur dengan orang yang kita cintai, termasuk anak-anak. Terkadang memang sulit untuk mendeskripsikan gangguan kejiwaan kepada anak, namun kita bisa mencontoh buku Daddy Has Secret.


Daddy Has Secret bercerita tentang Ayah yang menceritakan penyakit mental yang dideritanya kepada anaknya. Tentu sang ayah tidak bercerita secara bahasa medis ya, tapi sang Ayah bercerita secara deskriptif tentang apa yang dialaminya. Sang Ayah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak. Misalnya 


There are little men inside my head, they wear green coats and little red hats.

Sang Ayah menerjemahkan gangguan di kepala karena adanya  manusia mini di dalam kepalanya. Bagaimana manusia itu membuatnya takut dan tegang. Bagaimana mereka membuat asap kuning tebal dan panas di kepala.


Pada Daddy Has Secret juga ditampilkan fakta seputar gangguan kejiwaan dan apa saja jenisnya. Ada juga apa yang harus dilakukan anak jika orang tua mempunyai skizofrenia.


Dalam dua tahun ini banyak sekali buku yang mengangkat tema gangguan kejiwaan, tapi sedikit sekali buku dengan tema gangguan kejiwaan yang menyasar anak-anak. Dan buku ini bisa menjadi rujukan jika ingin memperkenalkan gangguan kejiwaan pada anak.



Secara keseluruhan buku Daddy Has Secret adalah buku yang menarik karena mengangkat tema yang tak biasa untuk anak sehingga anak bisa lebih aware dengan kesehatan mental sejak dini.


  


0 comments