Ramadan yang Sepi by Surau Kecil — Normal People ID

Ramadan yang Sepi by Surau Kecil


 Ramadan yang Sepi by Lilih S. Hilaliah

Judul: Ramadan yang Sepi

Penulis: Lilih S. Hilaliah

Ilustrator: Singgih cahyo

Publisher: Surau Kecil

Jumlah Halaman: 28 pages

Tahun Publikasi: 2022

Harga: Rp108,000 beli di littleonebooks


Cover depan Ramadan yang Sepi


"Ramadan yang Sepi" adalah buku cerita anak bergambar yang ditulis oleh Lilih S. Hilaliah dan Singgih Cahyo sebagai illustrator. Buku ini yang diterbitkan oleh Surau Kecil pada tahun 2022. 

Buku ini menceritakan kisah seorang anak bernama Sabit, yang merasa kesepian ketika Ramadan datang. Saat bulan Ramadan datang Sabit tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika biasanya Sabit makan siang bersama teman-teman, di bulan Ramadan ternyata teman-temannya tidak bisa ikut makan bersama Sabit. Dan saat Sabit ingin bermain bersama teman-temannya di sore hari, ternyata teman-temannya lebih memilih untuk pergi ke surau.


Buku ini mengangkat tema tentang ramadan dalam perspektif anak-anak. Bagaimana anak-anak belajar menikmati bulan Ramadan untuk pertama kali. Jika pada bulan biasanya anak-anak bebas makan dan bermain, tapi di bulan Ramadan sebagai umat muslim diwajibkan berpuasa dan banyak-banyak beribadah sunah lainnya.

Isi buku Ramadan yang Sepi
      

Jujur saya beli dan baca buku ini secara random (maksudnya saya gak melihat blurbnya dulu gitu). Awalnya saya mikir bukunya tentang anak yang sedih karena Ramadannya terasa sepi, eh tapi ternyata kebalikannya. Sepi karena belum memahami makna bulan Ramadan.

Yang menarik dari buku ini orang tua Sabit tidak memaksakan Sabit untuk berpuasa, Terlihat dari Sabit yang masih membawa bekal ke sekolah dan menawari temannya. Hal yang bisa dicontoh para orangtua macam saya gini, untuk tidak memaksakan sesuatu ke anak. 

Pas baca ini saya jadi mikir, berapa ya usia yang tepat untuk mengajarkan anak tentang suka-cita Ramadan? Kalo terlalu dini takut gak masuk, kalo telat mungkin jadinya kaya Sabit. 

Overall bukunya menarik dari segi cerita dan ilustrasi. Ilustrator yakni Mas Singgih Cahyo dapat menggambarkan kesedihan dan rasa kesepian Sabit. Suasana desa tempat Sabit tinggal pum digambarkan dengan apik. Serta suasana sahur dan tarawihnya, cakep banget deh ilustrasinya.


Rating 4/5









0 comments