Mengenalkan Emosi kepada Balita melalui Buku Cerita Bergambar — Normal People ID

Mengenalkan Emosi kepada Balita melalui Buku Cerita Bergambar

 

Orangtua dapat mendukung anak-anak saat mereka belajar tentang emosi dan mengembangkan kecerdasan emosional. Buku tentang emosi dapat membantu anak-anak mengidentifikasi perasaan mereka, seperti apa sih rasanya setiap emosi, dan memahami bahwa semua perasaan itu baik

CASEL mendefinisikan pembelajaran social-emotional untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengembangkan identitas yang sehat, mengelola emosi dan mencapai tujuan pribadi dan bersama, merasakan dan menunjukkan empati terhadap orang lain, membangun dan memelihara hubungan yang mendukung, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab dan peduli

Mereka telah mengidentifikasi lima kompetensi spesifik untuk anak-anak yaitu sebagai berikut:
  • Self-awareness (kesadaran diri)
  • Self-management (manajemen diri)
  • Social awareness (kesadaran sosial)
  • Relationship skills (keterampilan dalam berhubungan)
  • Responsible decision-making (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Pembelajaran sosial-emosional dimulai dengan kesadaran diri dan kemampuan untuk menyebutkan emosi sendiri ketika anak merasakannya.

Orangtua harus mengajari anak-anak kita untuk mengidentifikasi emosi yang mereka rasakan selain bahagia, sedih, dan marah dalam jangka panjang anak dapat meningkatkan regulasi emosi dan kesehatan mental.

Ketika anak-anak menjadi lebih mampu mengidentifikasi emosi, mereka juga akan meningkatkan keterampilan dalam hubungan.

Jadi bagaimana orang tua bisa menggunakan buku anak-anak dalam belajar mengenal emosi?

Hal ini dapat dimulai dengan
  • Banyak berdiskusi baik tentang buku atau keseharian anak.
  • Membangun banyak kosakata tentang perasaan.
  • Menyebutkan emosi yang dirasakan dan bagaimana emosi itu datang dan pergi.
  • Jangan melabeli emosi apa pun sebagai baik atau buruk. Orang tua bisa mengatakan beberapa emosi terlalu kuat atau tidak nyaman tetapi manusia tetap membutuhkan semua emosi. Dan, perhatikan bagaimana manusia bisa memiliki lebih dari satu emosi sekaligus!. Inget film Inside Out ya!
Dan berikut beberapa rekomendasi buku anak bergambar yang bisa digunakan untuk belajar tentang emosi.

1. #BukuHmmmRH (high contrast) 





Buku ini adalah buku ketiga dari seri 'Pengenalan Diri Bayi' dari rabbithole. Buku ini membahas dari segi emosi (bedanya dengan #BukuEmosi yang sudah ada, buku ini dirancang untuk bayi, sehingga : bentuknya jauh lebih ringan dan kecil, tidak ada fitur sentuh rasa, dan warna high contrast).

Pengenalan emosi pada buku ini disampaikan secara sederhana. Adapun emosi yang dikenalkan adalah 6 emosi dasar (merujuk teori Paul Ekman), yaitu : terkejut, marah, jijik, sedih, takut dan senang.

Buku ini juga dilengkapi dengan gantungan, sehingga dapat digantung di stroller atau digantung di atas saat bayi berbaring (media stimulasi motorik anak). 


Dengan ukuran  yang mini yakni 9 x 9 cm, buku ini cocok banget untuk bayi newborn sampai bayi berusia 6 bulan.


2. #BukuSrrttt


Buku #BukuSrrttt adalah buku pendamping tummy time maka dari itu ukurannya cukup besar, yakni 25,5 cm x 25,5 cm. Buku ini dapat digunakan bagi bayi usia 0-6 bulan untuk tummy time. Tummy time bermanfaat untuk menguatkan otot bayi, yang menjadi fondasi anak untuk makan, berbicara, menulis, dan tugas perkembangan lain yang optimal.  

Buku #BukuSrrttt berupa buku high contrast, untuk stimulasi penglihatan bayi yang baru lahir. Buku ini dilengkapi dengan tekstur yang dapat diraba oleh anak.
Terdiri dari 6 hewan dengan 6 emosi dasar yang dimiliki manusia.

Emosi hewan dalam #BukuSrrttt
Badak : jijik
Harimau : sedih
Tarsius : marah
Orang utan : takut
Merak : terkejut
Penyu : senang


3. Jajanan Nusantara Boxset



Buku ini berukuran 12 x 12 cm, sehingga cocok untuk anak usia 6 bulan keatas. Setiap buku memiliki 20 halaman dengan tema yang berbeda-beda tiap buku. Warna, Angka, Bentuk, Lawan Kata, dan Rasa & Ekspresi. Kelima buku ini disatukan oleh 1 box tebal agar menjaga buku-buku tetap lengkap dan rapi. Untuk belajar emosi menag khusus hanya pada 1 buku saja, tapi tema-tema lainnya juga tidak kalah penting dikenalkan anak sejak dini. 

 


4. Seri Perasaanku by Fun Cican


Cican adalah karakter anak kelinci ciptaan Mas Wahyu Aditya seorang seniman digital yang mendefinisikan dirinya sebagai “aktivis di animasi dan de­sain”. Dia adalah pendiri HelloMo­tion Academy yang sejak 2004 meluluskan lebih dari 2.000 siswa. Karyanya cukup banyak, untuk segmentasi anak-anak beliau menciptakan karakter Cican.

Dalam seri perasaanku ini ada 6 buku. Masing-masing dikemas dalam cerita 20 halaman. Yang menyenangkan dari buku ini karena karakternya konsisten, bisa dipastikan karakter yang muncul selalu berpusat pada teman sekolah Cican dan keluarganya. Membuat anak hapal dan cerita jadi lebih ‘masuk’ ke anak-anak.

Dalam buku ini pun mengklaim beberapa manfaat untuk berikut:

  • Melatih anak usia dini untuk mengatasi emosi (perasaan) yang dirasa
  • Melatih kemampuan verbal dan konseptual
  • Menumbuhkan kecerdasan emosi anak usia dini
  • Meningkatkan interaksi dan kedekatan emosi antara orang tua dan anak
  • Membangun karakter anak melalui pesan moral dalam cerita

Bukunya sendiri berukuran 17 Cm x 17 Cm boardbook dengan hardover. Ujungnya tumpul sehingga aman untuk anak-anak bahkan bayi.


5. Buku seri Emosi by TentangAnakOfficial



Setelah sukses sebagai platform edukasi seputar anak, Tentang Anak akhirnya meluncurkan buku tentang emosi. Bukunya ditulis oleh 4 orang, entah benar atau tidak. Mereka adalah Gianti Amanda, Grace Sameva, Mesty Ariotedjo, dan Reda Gaudiamo. Dan untuk ilustrasinya dibuat oleh Bellansori.

  

Ada 4 buku dalam seri ini. menariknya semua karakter dalam buku ini berbeda, terasa lebih inklusif memang karena tak hanya menggunakan karakter dengan tipikal kulit putih dan rambut lurus. Sayangnya karakter disini tidak bernama, dalam cerita hanya disebutkan ‘Aku’ dimana mungkin cerita didalamnya tidak semua relate dengan anak-anak. Misal karakter ‘Aku’ yang memiliki Kakak. By the way, material buku ini sangat bagus dengan ujung buku yang tidak tajam dan kemungkinan bisa awet untuk jangka waktu yang lama.

6. Little Big Feeling Campbell



Dengan halaman yang penuh flaps, tabs, and sliders, series Little Big Feeling Campbell membantu anak usia dini memahami mengapa mereka hbisa marah, sedih, senang dan khawatir. 

  


Dengan ilustrasi menarik dari Marie Paruit di setiap halaman, Buku ini sangat menarik bagi orang tua dan guru untuk dibagikan kepada anak usia dini yang baru belajr mengenali perasaan dan mengembangkan kecerdasan emosional. Dengan ukuran 19 x 20 cm buku ini cocok untuk anak diatas 1 tahun.

Rekomendasinya sudah cukup belum? Ada yang mau ditambahkan? Atau parents sudah punya nih? Komen Yuk 😉












0 comments