Belajar Rempah Indonesia dari buku Willa dan Rempah Kesayangan Ibu — Normal People ID

Belajar Rempah Indonesia dari buku Willa dan Rempah Kesayangan Ibu



Penulis: Lilih S. Hilaliah
Ilustrator: Pratya Aprilana
Alih Bahasa: -
Penerbit: Littlequokka
Jumlah Halaman: 16 halaman
Tahun Publikasi: 2022
Harga: Rp120,000 beli disini

Kekayaan alam Indonesia sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Dilansir dari berbagai literatur, di Indonesia terdapat sekitar 707.000 tanaman, termasuk rempah-rempah. Rempah-rempah Indonesia itu terdiri dari berbagai macam manfaat. Selain dipakai sebagai bumbu masak juga bisa dipakai untuk obat tradisional dan menjadi bahan pengawet alami makanan.

Kisah tentang minum jamu atau konsumsi rempah-rempah sudah ada sebelum abad ke-8 Masehi. Ini menjadi bukti rempah-rempah ini sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Bahkan sebelum negara Indonesia lahir.

Di Indonesia ada sekitar 25 jenis rempah-rempah yang dikenal masyarakat. Di antaranya ada kunyit, pala, kayu manis, cengkeh, jahe, saffron, kapulaga, kemukus, secang dan kemiri. Ada juga serai, kencur, daun ketumbar, biji ketumbar, kluwek, lengkuas, bunga lawing, lada, vanili, andaliman, adas, daun salam, asam jawa dan jinten.

Belajar literasi rempah bisa dimulai sejak dini, salah satunya melalui buku Willa dan Rempah Kesayangan Ibu. Children picturebook yang bertema tentang rempah, nampaknya baru @littlequoka.id yang punya.

Bercerita tentang Willa yang tidak sengaja merusak tanaman rempah kesayangan ibunya saat mencari belalang di halaman rumah. Willa pun mencari cara untuk memperbaiki tanaman ibu. Ketidaksengajaan Willa menjadi awal petualangannya mengenal rempah. Cerita sederhana dan dengan kreativitas khas anak-anak yang mungkin akan membuat beberapa dari kita ‘related’ dengan solusi yang dilakukan Willa.

Willa dan Rempah Kesayangan Ibu memiliki ilustrasi yang menarik menarik, karena bentuk rempah dedaunan menyerupai bentuk asli dan yang paling saya suka warnanya yang rada-rada earth tone (bener gak ya sebutannya?) bikin enak dilihat terus-terusan. Fitur lift the flap juga disematkan dibuku ini. Disini anak bisa menebak bentuk dan nama rempah.


Berbentuk boardbook dengan ukuran buku 20.5 x 20.5 cm serta ujung yang tumpul cocok untuk anak diatas 2 tahun. Menurut penerbit buku ini telah laku sebanyak oleh 5.500 eksemplar loh dan juga salah satu buku yang lolos ke London Book Fair 2022.


Kalo lagi cari buku anak bertema unik, saya menyarankan buku ini karena dapat sebagai sarana yang efektif untuk mengenalkan jenis-jenis rempah nusantara pada anak dan orangtua. Buku ini juga menggambarkan situasi saat anak menghadapi rasa bersalah dan berusaha mandiri mencari penyelesaian masalah serta mengajak anak berpikir kreatif dan mengasah problem solving. Sehingga mengenalkan anak cara bertanggung jawab.

Ada free flash card juga berukuran 10 x 10 cm sebagai bonus pembelian yang bisa digunakan untuk bermain sambil belajar mengenal jenis rempah-rempah Indonesia. Jadi Parents sudah siap belajar rempah Indonesia?

0 comments